Rabu, 28 Mei 2008

Selalu Ada Kesempatan




Dahulu kala ada seorang lelaki dari kalangan Bani Israil yang taat kepada Alah swt selama 40 tahun, kemudian durhaka pada Allah swt. Selama 40 tahun pula. Setelah melihat dirinya di cermin, ia melihat ada uban di jenggotnya, lalu berkatalah ia, ” Ya Tuhanku, aku telah ta’at pada-Mu selama 40 tahun dan aku telah durhaka pada-Mu selama 40 tahun pula, maka apakah Engkau masih mau menerimaku? Maka dikatakanlah kepadanya: ”engkau telah ta’at pada Tuhanmu, maka Dia menerimamu, dan engkau telah durhaka, maka Dia memberi tangguh padamu, dan jika engkau mau kembali kepada-Nya, Dia akan tetap menerimamu”.
Pintu taubat selalu terbuka, kecuali ajal sudah di lehernya. Allah swt berfirman dalam hadits Qudsi yang artinya kurang lebih: ” Hai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kalian selalu berbuat dosa pada malam dan siang hari, sedang Aku mengampuni dosa-dosa semuanya. Oleh karena itu mohonlah ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuni kalian” (HR Muslim).
Untuk dapat menghapuskan dosa-dosa maka harus istighfar (mohon ampun) pada Allah swt. dengan sepenuh hati, kemudian bertaubat untuk tidak mengulanginya lagi, serta mengerjakan berbagai amal kebaikan.
Allah swt. Berfirman dalam QS Huud: 114 yang artinya kurang lebih:
”Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbutan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”.

Tidak ada komentar: