Rabu, 20 Februari 2008

PeNgeN TaU Arah KibLat MasJidKu Yg Bner

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Anda ingin tahu,salah satu cara mengetahui apakah masjid yang biasa anda gunakan sudah tepat menghadap ke arah kiblat
Caranya begini: anda gunakan google earth. Kalau belum ada, silahkan download saja dulu di erath.google.com. Tenang saja, google earth itu gratis.
Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari masjid anda dari atas 'langit', tentu cari dulu kota di mana anda tinggal. Dalam hal ini anda dituntut harus 'melek' peta kota anda.
Setelah ketemu, yang perlu anda lakukan adalah menancapkan penanda di masjid itu. Nama tombolnya Add PlaceMark. Jangan lupa beri namamasjid itu, misalnya 'masjidku'. Maka nanti akan tercatat di sebelah kiri halaman.
Langkah selanjutnya, anda cari kota Makkah. Kali ini lebih mudah, karena di menu sebelah kiri bagian atas sudah ada form untuk melakukan pencarian. Tuliskan kata 'Makkah' dan klik. Maka software itu akanmemutar bola bumi langsung ke arah kota Makkah di Saudi Arabia. Carilah masjid Al-Haram dari 'langit'. Mudah saja kok, karena gedungnya cukup besar dan menarik perhatian.
Sekali lagi tandai masjid itu dengan Add ReplaceMark dan namai masjid Al-Haram. Nama itu seharusnya muncul di menu sebelah kiri di bawah menu 'masjidku' yang sudah anda buat tadi.
Sekarang carilah menu 'ruler' di bagian atas halaman, anda bisa pilih skala besarannya dengan kilometer. Klik menu itu lalu geser mouse tepat di atas masjid Al-Haram, klik dua kali di situ sehingga meninggalkan sebuah titik berwarna hijau. Geser mouse ke menu sebelah kiri dan klik dua kali ke menu masjidku. Maka software itu akan kembali membalik bumi ke arahmasjid anda dengan membawa juga garis lurus berwarna kuning.
Terakhir, klik dua kali tepat di atasmasjidku dan saat itu juga anda bisa lihat apakahmasjid itu menghadap lurus ke Ka'bah atau tidak. Bahkan anda juga bisa tahu berapa jarak tepatnya antara masjid itu dengan masjid Al-Haram. Bahkan dalam ukuran meter dan centimeter. Slamet Nyobo….
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wallaaahhh......... Sunnahhe kii shalatlah dengan menghadap ke arah kiblat.

Ra perlu pas-pas banget, mosok sik neng lantai 2 masjidil harram yo kudu dungkluk and sik neng lower ground masjidil Harram kudu ndangak sich.......????

Tapi cen apik koq bos..... Tak tulis ulang neng Blog-ku yo...???? thanks.........